PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Pdt. Gomar Gultom Lantik Pengurus PGIW Jawa Timur 2021-2026

pgiwpelantikan
Ibadah Pelantikan Pengurus MPH PGIW Jawa Timur Masa Bakti 2021-2026

Surabaya, Pustakalewi.com – Pdt. Gomar Gultom, M.Th, Ketua Umum Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) pada Kamis malam (20/05), melantik jajaran pengurus Persekutuan gereja-gereja di Indonesia Wilayah (PGIW) Jawa Timur masa bakti 2021-2026. Pdt. Natael Hermawan Prianto dari Sinode atau Majelis Agung Greja Kristen Jawi Wetan (GKJW) dilantik sebagai Ketua Umum PGIW Jawa Timur bersama pengurus harian.

Bertempat di Gereja Kristen Indonesia Jemaat Darmo Satelit Surabaya, acara pelantikan berjalan khidmat dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Acara ini juga dihadiri oleh perwakilan lintas agama seperti dari perwakilan Keuskupan Surabaya dan Komunitas Gusdurian. Dari pihak pemerintah daerah hadir mewakili Gubernur Jawa Timur adalah Asisten Administrasi Umum Sekdaprov Jawa Timur, Drs. Abimanyu Poncoatmojo.

Sebelum  prosesi pelantikan, Pdt. Gomar menyampaikan firman yang diambil dari Yesaya 60:1 “Bangkitlah dan Menjadi Terang lah”, yang sekaligus menjadi tema acara pelantikan kali ini. Mengambil konteks kondisi dunia di tengah pandemi, Pdt. Gomar menyampaikan bahwa kehidupan manusia ini sangat rapuh. Belum lagi berbagai insiden dan kerusakan lingkungan yang terus menurunkan kualitas kehidupan umat manusia.

Pengalaman yang kurang lebih juga dirasakan oleh Nabi Yesaya dan bangsa Israel setelah mereka mengalami masa pembuangan dan harus membangun kembali Yerusalem. “Seruan bangkit dan menjadi terang agar tidak lagi menjadi bangsa yang terlunta-lunta, tidak lagi menjadi warga negara kelas dua di pembuangan,” tegasnya. Di tengah ragam ancaman kehidupan seruan ini dinilainya relevan dengan tantangan yang dihadapi PGIW.  Berkaca dari hasil Sidang Raya di Sumba ada beberapa tantangan yang dihadapi, misalnya semakin besarnya krisis kebangsaan, krisis ekologi/lingkungan, dan krisis keesaan gereja. Khusus krisis keesaan gereja Pdt. Gomar menyebutkan bahwa semakin banyak konflik di dalam gereja yang mempengaruhi keberadaan gereja di dalam masyarakat.

Memasuki prosesi pelantikan, Pdt. Gomar memanggil satu persatu pengurus harian untuk kemudian dilantik sebagai Majelis Pekerja Harian PGIW Jawa Timur Masa Bakti 2021-2026. Susunan kepengurusan sebagai berikut:

Ketua Umum: Pdt. Natael Hermawan Prianto (GKJW)

Ketua 1: Pdt. Andri Purnawan (GKI)

Ketua 2: Pdt. Ronald Daniel (GBI)

Sekretaris Umum: Pdt. Yafet Geta (GPPS)

Wakil Sekretaris Umum: Pdt. Samuel (GKRI)

Bendahara Umum: Pnt. Andi Wongso Gunawan (GKI)

Wakil Bendahara Umum: Pnt. Daniel Dau Sumbung (Gereja Toraja)

Anggota: Pdt. Maria Adonai Hulisean (GKPII), Pdt. Rully Antonius Haryanto (GPIB), Pdt. Albenar Silaen (HKBP), Ev. Yoel Ade Prasetyo (GKT), dan Pdm. Hitler Fernando Tampubolon (GBIS)

Majelis Pertimbangan: Pdt. (Em.) Simon Filantropha (GKI), Pdt. Indro Sujarwo (GKJW), dan Irjen Pol. Nico Afinta Karo-Karo (GBKP).

Badan Pemeriksa Perbendaharaan: Dr. Debby Ratna Daniel (GKI) dan Pnt. Sieny Andries (GPIB).

Dalam sambutannya, Ketua Umum PGIW Jawa Timur yang baru dilantik, Pdt. Natael menyampaikan bahwa PGIW Jawa Timur saat ini ada tercatat ada 31 gereja anggota PGI dan 9 PGIS (PGI Setempat). Ini disebutnya sebuah pekerjaan rumah karena masih sedikit dibanding jumlah kabupaten kota di Jawa Timur.

Dia juga menyampaikan bahwa Jawa Timur ini merupakan “Indonesia Mini”. Beragam dari sisi agama, suku, dan kebhinekaan yang perlu menjadi tanggungjawab bersama.  Pdt. Natael menyampaikan bahwa semangat ekumene yang mendasari pekerjaan kita bersama.

“Sesama adalah sesama umat Kristen walaupun beda denominasi, sesama manusia walaupun beda suku dan ras, dan sesama ciptaan Tuhan termasuk alam semesta dan tumbuhan, itu adalah sesama kita, titik berangkat kita dalam melayani bersama di PGI Wilayah Jawa Timur”, tegasnya.