PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Kominfo Belum Bisa Pastikan Kebocoran Data 279 Juta Penduduk Indonesia

kominfo jubir dedy permadi DRA 1
Dedy Permadi Juru Bicara Kementerian Kominfo

Jakarta – Heboh terkait data pribadi 279 juta penduduk Indonesia yang dijual di RaidForums membuat Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) langsung mencari keabsahan informasi tersebut. Hasilnya sesuai dengan siaran pers Kominfo, sampai dengan Kamis malam (20/05), pihak Kominfo belum bisa memastikan keabsahan dan kebenaran kebocoran data yang diduga dari data BPJS Kesehatan tersebut.

Penelusuran dan penyelidikan ditangan oleh Direktorat Pengendalian Aplikasi Informatika Ditjen Aplikasi Informatika Kominfo. Kementerian Kominfo juga melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait sesuai ketentuan yang berlaku.

Juru Bicara Kementerian Kominfo Dedy Permadi dalam siaran pers tersebut menghimbau demi mencegah kebocoran data, Kominfo meminta agar seluruh penyedia platform digital dan pengelola data pribadi, untuk semakin meningkatkan upaya dalam menjaga keamanan data pribadi yang dikelola dengan menaati ketentuan perlindungan data pribadi yang berlaku serta memastikan keamanan sistem elektronik yang dioperasikan

Kementerian Kominfo juga mengajak seluruh masyarakat untuk semakin berhati-hati dan waspada dalam melindungi data pribadinya dengan tidak membagikan data pribadi kepada pihak-pihak yang tidak berkepentingan, memastikan syarat dan ketentuan layanan yang digunakan, secara berkala memperbarui password pada akun-akun elektronik yang dimiliki, dan memastikan sistem keamanan perangkat yang digunakan selalu up to date.