PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Roadshow Donor Darah Harmonis Karaoke Club bersama PT Matahari Sakti dan PT Sinar Indahjaya Kencana

donor haarmony sakti
Roadshow Aksi donor Darah

Surabaya – Kegiatan Roadshow donor darah diselenggarakan Harmonis Karaoke Club bersama banyak instansi guna memenuhi stok darah PMI Surabaya yang kosong.

Berikut kegiatan Roadshow dimulai pada 11 – 16 April 2021 donor darah dan donor plasma konvalesen diselenggarakan PT Sinar Indahjaya Kencana bersama Harmonis Karaoke Club.

Kegiatan digelar di UDD PMI Kota Surabaya pukul 08.00-19.00 WIB, dan di The Centrak Mall Gunawangsa berhasil mendapatkan 1.111 bag darah serta 39 orang donor plasma.

Bagi yang lolos donor darah mendapatkan bonus 1 paket sembako berupa; 1kg beras, 1kg gula, 1ltr minyak goreng, 1klg susu kental manis, dan 5bks mie instan. Sedangkan pendonor plasma yang lolos mendapatkan bonus; 1 kain batik, 2kg beras, 2kg gula, 1ltr minyak goreng, 2bks biskuit, 2bks teh, 1klg susu kental manis, 1btl sambal, 1btl kecap, dan 5bks mie instan.

Totok Sudarto Ketua Dewan Kehormatan PMI Surabaya mengatakan semua bonus disponsori oleh Bapak Fredy Tjandra dari PT Sinar Indahjaya Kencana.

“Kegiatan ini untuk membantu kekosongan stok darah di PMI,” jelas Totok Sudarto selaku Penggerak Donor Darah.

Sabtu, 24 April 2021, donor darah diadakan di BG Junction lantai 2, Sun Shine. Kegiatan dilaksanakan pukul 13-00 – 19.00 WIB, dan berhasil mendapatkan 28 bag darah dari 72 pendaftar.

Totok Sudarto mengungkapkan banyak peserta yang tidak bisa melakukan donor darah karena vaksin, dimana harus ada jarak 14 hari setelah vaksin ke-2, baru bisa donor darah.

“Makanya hasilnya sedikit. Bagi yang lolos mendapatkan bonus paket sembako yakni 2kg gula, 2ltr minyak goreng, 2bks garam dari Bapak Heru. Kegiatan akan diselenggarakan kembali pada Juni mendatang,” terang Totok Sudarto.

Pada 3 – 30 April 2021, donor darah dan donor plasma konvalesen diselenggarakan PT. Sinar Indahjaya Kencana dan Harmonis Karaoke Club di The Central Mall Gunawangsa, Masjid Al Akbar, dan UDD PMI Surabaya, berhasil mendapatkan 1.310 bag darah dan 39 bag darah plasma konvalesen.

Bagi yang lolos donor darah mendapatkan bonus 1 paket sembako berupa 1kg beras, 1kg gula, 1ltr minyak goreng, 1klg susu kental manis, dan 5 bks mie instan.

Sedangkan pendonor plasma yang lolos mendapatkan bonus; 1 kain batik, 2kg beras, 2kg gula, 1ltr minyak goreng, 2bks biskuit, 2bks teh, 1klg susu kental manis, 1btl sambal, 1btl kecap, dan 5bks mie instan.

Seluruh bonus disponsori oleh Bapak Fredy Tjandra dari PT Sinar Indahjaya Kencana. “Kegiatan ini masih dalam rangka memenuhi stok darah di PMI yang selalu kosong,” terang Totok Sudarto Ketua Harmonis Karaoke Club.

Selama Ramadan berlangsung, PT Matahari Sakti memberikan 2.500 paket sembako untuk para pendonor yang lolos.

Di awali pada Minggu 11 April 2021 dari pukul 08.00-20.00 WIB, donor darah digelar di Taman Bungkul hingga Kamis 13 Mei 2021 Idulfitri.

Kegiatan donor darah juga diselenggarakan di UDD PMI Kota Surabaya, Jembatan Merah Plasa, dan ITC. Para pendonor yang lolos mendapatkan 1 paket sembako berupa 3kg beras, 1ltr minyak goreng, 1klg susu kental manis, 1bks mie instan, dan 1 kecap yang disponsori oleh Ibu Puspita Dewi Prijadi Presiden Direktur PT Matahari Sakti.

Totok Sudarto mengungkapkan pihak PT Matahari Sakti akan menambah pemberian paket sembako bila masih dibutuhkan.

Sabtu, 15 Mei 2021 kegiatan donor darah diselenggarakan Harmonis Karaoke Club bersama PMI di Atom Mall lantai 5 dengan fasilitas panggung karaoke untuk pendonor maupun pengunjung.

Kegiatan donor darah masih sepi peminat, karena program vaksinasi Covid-19, dimana harus menunggu 14 hingga vaksin kedua diberikan. Namun kegiatan berhasil mendapatkan 56 bag darah dari 126 pendaftar, 40 orang kembali karena vaksin.

Pendonor yang lolos mendapatkan bonus 1 paket sembako disponsori Bapak Djunaidi. Donor darah akan diadakan kembali pada Juli mendatang.

Minggu, 16 Mei 2021 donor darah diselenggarakan Harmonis Karaoke Club bersama Hotel Mercure Grand Mirama Surabaya mulai pukul 6 berakhir jam 9 pagi. Kegiatan masih sepi peminat karena suasana lebaran dan program vaksinasi Covid-19.

“Walau sepi peminat masih mendapatkan 55 bag darah dari 99 pendaftar. 25 orang tidak lolos donor dan 19 orang tidak lolos donor karena vaksini,” jelas Totok Sudarto.

Para pendonor yang lolos mendapatkan bonus 1 ice cream Mochie, 1 paket sembako berupa 1kg beras, 1kg gula, 1ltr minyak goreng, 1klg susu kental manis, dan 5 bks mie instan dari pemilik Hotel, Ibu Lany Sriwijaya. Kegiatan rutin ini akan dilaksanakan kembali pada 17 Juli 2021. (Aira)