PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Jemaat Gereja, Klenteng dan Vihara Lansia di Garut Ikuti Vaksinasi Tahap Dua

vaksinasi garut
Vaksinasi lansia di Garut

Garut – Vaksinasi tahap kedua ini disediakan 750 dosis vaksin jenis sinovac. Digelar oleh gabungan jemaat gereja, klenteng dan vihara di Wilayah Garut dengan pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Garut.

Bupati Garut, Rudy Gunawan, menuturkan, kegiatan vaksinasi ini  bentuk keseriusan Kabupaten Garut dalam memberikan perlindungan kepada masyarakat, khususnya lansia.

“Kami gencar melakukan vaksinasi untuk lansia. Sekarang ada lansia  saudara-saudara kita dari keturunan Tionghoa, dan juga komunitas lain,” ujarnya, Rabu (19/5/2021).

Menurut Rudy, pemerintah daerah sanggup melaksanakan 15 ribu vaksinasi dalam sehari di 42 kecamatan.

Pihaknya sudah menyiapkan seribu orang lebih vaksinator yang akan melayani 1,8 juta masyarakat Garut dari 2,7 juta.

Ia menyebutkan, imun akan terbentuk setelah dilakukan vaksinasi.

“Bapak ibu saya hari ini ingin memastikan bahwa bapak ibu akan mendapatkan perlindungan dari Covid-19, jadi saya sudah dua bulan divaksin yang kedua kemarin dicek ternyata imunnya sudah masuk jadi saat ini saya sudah punya imun,” ujarnya dihadapan lansia.

Rudy menyarankan para jemaah lansia yang akan divaksinasi untuk melaksanakan pemeriksaan di lab jika sudah beberapa lama melaksanakan vaksinasi. Tujuannya untuk mengetahui terbentuk atau tidaknya antibody di dalam tubuh.

Selain itu, lanjut Rudy, pihaknya akan memberikan vaksinasi sampai ke rumah masyarakat, dengan cara menghubungi pihak puskesmas setempat terlebih dahulu.

“Tentu kalau nanti ada di rumah yang masih bisa kesini, kami bisa pak telpon aja ke puskesmas nanti dari puskesmas akan datang ke rumah. Setelah dilakukan observasi kita suntik di rumah, kami memberikan pelayanan sampai ke rumah. Ini sebagai tanggung jawab saya sebagai bupati memberikan perlindungan kepada masyarakat,” ujarnya.info/red