PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Pembukaan Objek Wisata, Wabup Irwan: Keselamatan Warga Lebih Penting dari PAD

wabup bondowoso
Wabup Bondowoso

Surabaya – Pemerintah Kabupaten Bondowoso memutuskan menutup semua objek wisata, sejak hari H Idul Fitri 1442 Hijiriah. Tepatnya 13 Mei 2021 hingga hari ini. Tentu hal itu dangat berdampak terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Wakil Bupati Irwan Bachtiar Rahmat mengatakan, bahwa penutupan objek wisata saat lebaran untuk menekan penyebaran Covid-19.

Bagiannya keselamatan masyarakat jauh lebih penting daripada PAD. “Kami tak ingin kecolongan terhadap membludaknya kunjungan yang menyebabkan kerumunan,” katanya.

“Karena memang antisipasi kita, seperti tahun-tahun lalu tak terkendali pengunjungnya. Utama di kawasan wisata-wisata air,” sambungnya.

Pihaknya menyadari, penutupan objek wisata berpengaruh terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) sektor wisata. “Tetapi kami mengutamakan keselamatan masyarakat,” jelasnya.

Menurutnya, untuk PAD yang masuk tidak signifikan dibanding biaya yang dikeluarkan apabila ada gelombang kasus kedua. “Keselamatan masyarakat yang utama,” imbuhnya.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Bidang Pariwisata, Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Arif Setyo Rahardjo memgaku belum menghitung berap

a estimasi potential lost PAD akibat penutupan wisata itu.

“Karena estimasi akan bisa komprehensif dihitung ketika kebijakan ini selesai diberlakukan. Tapi potential lost di masa pandemi seperti ini kan harus dimaklumi, karena untuk kepentingan lebih besar,” paparnya.

Adapun untuk retribusi di setiap objek wisata kata dia, sebagaimana Perda nomor 8 tahun 2019 tentang retribusi jasa usaha. Yakni Rp 5 ribu untuk semua objek wisata.

Kecuali wisata pemandian air panas Blawan retribusinya itu Rp 10 ribu untuk wisatawan lokal, dan untuk wisatawan asing Rp 20 ribu.

“Okupansi total 50 persen dari kapasitas untuk maksimal kunjungan di tengah pandemi. Objek wisata akan buka lagi 20 Mei besok,” terang Arif, Rabu (19/5/2021).info/red