PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Mulai Besok, Masuk Jakarta Wajib Tunjukkan Surat Bebas Covid-19

pemeriksaan
Pemeriksaan

Jakarta – Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria Ahmad Riza mengingatkan warga yang masuk wilayah DKI Jakarta untuk menyertakan surat bebas Covid-19. Hal ini berlaku mulai besok, Selasa (18/5/2021).

Riza menyampaikan, ketentuan ini menyusulkan pemberlakuan surat izin keluar masuk (SIKM) wilayah DKI Jakarta sebagai syarat perjalanan berakhir hari ini, Senin (17/5/2021).

“Jadi dokumen yang harus disiapkan itu dipastikan negatif, surat keterangan bebas Covid-19-nya,” ujar Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (17/5/2021).

Selain surat keterangan bebas Covid-19, kata Riza, warga yang masuk Jakarta juga perlu menunjukkan dokumen kependudukan, seperti KTP. Dokumen-dokumen ini akan diperiksa di pos-pos pemeriksaan yang sudah diatur oleh petugas dan aparat kepolisian serta TNI.

“Tentu dokumen lainnya ya KTP yang bersangkutan, dari arah mana mau kemana. Tapi yang paling penting kan negatif,” tandas Riza.

Surat bebas Covid-19 ini nanti akan dibuktikan dari hasil tes antigen maupun tes PCR. Surat bebas Covid-19 ini juga akan diberikan kepada RT dan RW saat melaporkan diri bagai warga yang baru tiba di Jakarta.

Ketua RT nanti akan menginput data kependudukan dan bukti hasil tes Covid-19 warga yang pulang mudik ke aplikasi Data Warga.

“Di DKI Jakarta nanti akan ada pengecekan di semua tahapan dan tingkatan sampai ke tingkat RT dipastikan semua aman dan bebas. Jadi jangan sampai kembali ke Jakarta membawa virus,” pungkas Riza.

Sebagaimana diketahui, pemberlakuan kebijakan SIKM sebagai syarat keluar masuk Jakarta akan berakhir hari ini, Senin (17/5/2021). Kebijakan SIKM ini mulai diterapkan sejak 6 Mei 2021 lalu.

Kebijakan SIKM ini tercantum dalam Keputusan Gubernur Nomor 569 Tahun 2021 tentang Prosedur Pemberian Izin Keluar masuk Provinsi DKI Jakarta Selama Masa Peniadaan Mudik Idulfitri 1442 Hijriah.info/red