PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Kisah Gading Dapat Modal Usaha dan Motor Roda Tiga dari Mensos

gading dan mensos
Gading dan Mensos

Surabaya – Kegigihan Gading Ogi Saputra (17) yang tidak kenal menyerah sempat viral di media sosial dan menginspirasi banyak orang, tidak hanya sesama penyandang disabilitas.

Gading mendapat Bantuan Kementerian Sosial (Kemensos) Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) berupa modal usaha dan sepeda motor roda tiga elektrik Rp 19,5 juta sebagai kendaraan usaha.

“Tadi sudah diserahkan bantuan motor roda tiga, alat dan permodalan,” ujar Menteri Sosial Tri Rismahini usai mengunjungi, berbincang sekaligus menyerahkan sepeda motor roda tiga kepada Gading di Pekalongan, Minggu (16/5).

Gading ingin membuka usaha lontong, kemudian oleh Kemensos dibantu permodalannya. Tahun ini, ada 490 motor roda tiga bagi penyandang disabilitas.

“Banyak alat bantu bagi penyandang disabilitas, karena disabilitas juga banyak ragamnya rungu dan netra, seperti tongkat dengan multisensor,” tandasnya.

Gading sudah dua tahun menjalani usaha berjualan makanan dan minuman ringan kemasan berkeliling dengan sepeda roda tiga sederhana rakitannya. Berjualan dari pukul 16.00 – 23.00 WIB di sekitar Alun-alun Kabupaten Pekalongan Jawa Tengah.

Gading disabilitas fisik sejak lahir dan mengalami perlambatan perkembangan fisik yang mengakibatkan kedua kakinya tidak berfungsi wajar hingga ia berjalan merangkak dibantu dengan kedua tangannya.

Kini Gading memiliki lapak sendiri di rumahnya yang dinamakan Lapak Gading Berkah yang dikelola oleh ayah dan ibunya, karena gading tetap meneruskan berjualan keliling.

Gading dikenal suka membantu dan rajin bersedekah, tak pernah lupa ibadah serta selalu bergembira dalam kondisi apapun. Cita-citanya memiliki motor roda tiga elektrik telah terwujud, bahkan diserahkan langsung oleh Menteri Sosial.

Usaha kerasnya membuahkan hasil menyentuh Rp 500 ribu per hari. Gading menghitung dan mencatat sendiri pendapatan nya di gawai pintarnya. Bahkan Gading mencatat jika ada barang jualan yang habis dan perlu segera dibeli.

Kemensos RI hadir di tengah-tengah masyarakat sebagai wujud negara hadir, tidak hanya di lokasi bencana alam dan sosial melainkan juga bagi penyandang disabilitas. Kemensos memberdayakan penyandang disabilitas agar tetap produktif, mandiri serta tidak bergantung pada orang lain.

Dalam acara penyerahan, Mensos didampingi Bupati Pekalongan, Asip Kholbihi; Kajari Kab Pekalongan, Abun Hasbullah Syambas; Sekda, Bambang Irianto; Dirjen Rehabilitasi Sosial Harry Hikmat, serta Staf Khusus Menteri (SKM). Info/red