PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Pembalap Jack Miller Berhasil Menang Lagi di MotoGP Le Mans

Jack Miller
Jack Miller (ist)

Surabaya – Pembalap Australia dari tim Ducati, Jack Miller tampil sebagai juara MotoGP Prancis di Sirkuit LeMans, Minggu (16/5/2021) malam WIB. Balapan berlangsung dalam kondisi basah karena hujan turun saat balapan berlangsung di putaran kelima, yang memaksa pembalap segera mengganti motor mereka untuk menghadapi lintasan yang licin.

Kemenangan ini menjadi yang kedua kalinya diraih Miller musim ini, setelah MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez, pada 2 Mei lalu.

Pada balapan kali ini Miller sempat terkena penalti karena memacu motor di atas kecepatan 60 km/jam saat memasuki area pit untuk mengganti motornya.

Miller meraih posisi terdepan, setelah saingannya pembalap tim Yamaha Fabio Quartararo yang sebelumnya berada di posisi depan harus menjalani penalti dan masuk ke jalur hukuman di sisa 16 putaran dari total 27 putaran.

Tanpa masuk ke dalam jalur hukuman, tampaknya ada masalah pada motor Quartararo. Jarak antara dia dan Miller hanya terpaut 1, 4 detik sebelum menjalani penalti. Ketika sudah di posisi dua, Quartararo tak mampu mengejar Miller yang unggul hingga 4 detik.

Quartararo juga tak mampu mempertahankan posisi dua dari serangan Johann Zarco (Pramac Racing). Posisi tiga pembalap terdepan ini tak berubah hingga garis finis. Dua pembalap tuan rumah Prancis, Zarco dan Quartararo cukup puas sudah berada di podium kedua dan ketiga mengapit Miller.

Pada awal balapan, pembalap tim Honda Marc Marquez sempat tampil mengejutkan saat ia menempati posisi pimpinan lomba. Namun situasi itu tak berlangsung lama, karena Marquez tergelincir di lintasan.

Masalah yang sama juga dialami pembalap tim Yamaha Maverick Vinales yang sempat memimpin balapan. Pembalap Spanyol ini harus puas menempati posisi 10, di atas pembalap veteran Valentino Rossi yang finis di posisi 11.

The Doctor sempat menempati posisi delapan saat balapan. Namun melorot hingga akhirnya dilewati Vinales.

Di klasemen pembalap, Quartararo masih memimpin dengan perolehan 80 poin, diikuti Francesco Bagnaia (Ducati) dengan 79 poin, dan Zarco di posisi tiga dengan 68 poin. Sedangkan Miller di posisi empat 64, diikuti Vinalez dengan 56 poin.info/red