PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Ini Loh Lokasi Mekarnya Tabebuya Kuning di Surabaya Ala Sakura Tokyo

tabebuya
Tabebuya di Surabaya

Surabaya – Bunga Tabebuya kembali menyemarakkan wajah Kota Surabaya dengan warna warninya. Keindahannya menggoda warga untuk berswafoto. Lalu dimana bisa menemui Tabebuya yang sedang bermekaran?

Tabebuya berwarna kuning bisa dijumpai di kawasan Jalan Mayjen Prof. Dr. Moestopo – Jalan Kalidami – Jalan Banyu Urip – Jalan Panjang Jiwo – Jalan Kedungdoro – Jalan Jemursari.

Sekedar diketahui, Tabebuya Kuning atau Pohon Terompet Emas berasal dari negara Brasil dan termasuk jenis pohon besar. Banyak yang mengira tanaman Sakura, karena memang sangat mirip. Dilansir dari Wikipedia, kedua tanaman ini tidak berkerabat.

Pohon Tabebuya memiliki kelebihan yakni daun tidak mudah rontok, bunganya terlihat indah dan lebat, akarnya tidak merusak rumah atau tembok walau berbatang keras.

Tanaman Tabebuya memiliki bunga yang berbeda-beda warna. Bunga warna kuning berbentuk terompet, ada juga bunga berwarna pink, ungu, bahkan merah tua.

Nah, bagaimana dengan Sakura yang menjadi pusat wisata kala bermekaran di Tokyo?

Bunga Sakura berwarna merah muda bermekaran di setiap sudut kota setiap musim semi di Jepang yakni Maret hingga Mei. Warga Jepang melakukan hanami atau tradisi melihat sakura dengan berpiknik di bawah pohonnya.

Beberapa tempat yang direkomendasi untuk melihat keindahan Sakura di Tokyo diantaranya, Taman Shinjuku Gyoen, dimana terdapat 65 jenis pohon sakura dengan jumlah sekitar 1.100 batang pohon di dalam area. Taman Yoyogi Koen terdapat 700 pohon sakura tumbuh di atas lahan seluas 540.000 meter persegi.

Wilayah Shibuya dan Meguro terdapat ratusan pohon sakura, namun tidak banyak tempat yang bisa digunakan berpiknik. Seperti Sungai Meguro disepanjang 4 km sisi kiri kanan ditanami 800 pohon sakura. Kemudian sakura juga memperindah Istana Kerajaan. Masih banyak tempat lain di Tokyo untuk melihat keindahan Sakura. (Aira)