PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Ikut Arabian Travel Market Dubai 2021, Indonesia Berharap Mampu Bangkitkan Pariwisata Tanah Air

anjungan inndonesia
Anjungan Indonesia

Surabaya – Arabian Travel Market (ATM) Dubai 2021, berlangsung 16-19 Mei, Indonesia turut berpartisipasi guna mempromosikan pariwisata di tanah air.

Event tahunan dengan format business-to-business (B2B) ini menghadirkan lebih dari 2,800 produk dan destinasi wisata dari seluruh dunia ke 28,000 buyers dan pengunjung selama 4 hari di Dubai World Trade Center, Syekh Zayed Road, Dubai.

Tahun ini, Indonesia mendatangkan hingga 100 peserta industri pariwisata. 20 di antaranya datang langsung di Dubai World Trade Center, Dubai, UEA, dan 80 perusahaan mengikuti event hybrid di The Anvaya Beach Resort, Bali pada 24-26 Mei 2021.

Keikutsertaan Indonesia di ATM Dubai merupakan yang ke-19 kali. Dalam partisipasi terakhirnya tahun 2019, Indonesia mencatat estimasi transaksi potensial sebesar Rp1,292 triliun.

Tahun ini, Wonderful Indonesia fokus mempromosikan 5 Destinasi Super Prioritas (Mandalika-NTB, Danau Toba-Sumatra Utara, Likupang-Sulawesi Utara, Labuan Bajo-NTT, dan Borobudur-Jawa Tengah).

Pavilion Indonesia seluas 214,5 m2 menghadirkan Mandalika sebagai fokus tema utama dengan menampilkan rumah tradisional suku Sasak dan juga ornamen etnik dari Bali dan Nusa Tenggara sebagai dekorasi.

Menparkeraf Sandiaga Uno mengatakan partisipasi Indonesia dalam ATM Dubai 2021 merupakan langkah untuk membangkitkan pariwisata Indonesia di era pascapandemi.

“Langkah ini sekaligus bentuk bentuk unjuk diri dalam mempertahankan posisi Indonesia sebagai ‘Top of Mind’ bagi para buyers sebagai destinasi pariwisata kelas dunia,” ujarnya. (RA)