PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Ternyata Pangeran Harry Ingin Lepas Gelar Bangsawan Sejak Usia 20 Tahun

Harry Meghan
Pangeran Harry dan Meghan (ist)

Surabaya – Pangeran Harry mengaku, jauh sebelum menikah dengan Meghan Markle , ia sudah berpikir untuk keluar dari keluarga Kerajaan Inggris dan melepas gelar bangsawan. Ide itu sudah nyaris ia lakukan saat dirinya masih berusia 20 tahun.

Hal itu diungkapkan Harry dalam podcast “Armchair Expert” yang disiarkan Kamis (13/5/2021). Dalam podcast yang dipandu aktor Dax Shepard itu, Harry juga bercerita tentang hubungannya dengan sang istri sekaligus upaya dirinya menghadapi media di Inggris.

Harry mengibaratkan hidupnya seperti film “The Truman Sho” dibintangi Jim Carrey pada 1998 lalu. Film itu berkisah tentang Truman Burbank yang keseluruhan hidupnya ditayangkan di televisi selama 24 jam lewat kamera-kamera tersembunyi. Film itu juga menghadirkan keresahan Truman yang dihadapkan dengan teman, keluarga, dan rekan yang ternyata semuanya adalah aktor-aktor bayaran.

Harry mengaku menjadi anggota keluarga Kerajaan Inggris memberinya beban tersendiri. Ia pun tak memungkiri perjuangannya setiap hari dalam menghadapi kenyataan itu.

Ia juga mengaku takut dan khawatir bahwa istrinya yang tengah hamil dan putra sulungnya, Archie, akan berhadapan dengan publik dan media seperti yang dialami almarhum ibunya, Putri Diana.

Diketahui, pada 1997, Putri Diana meninggal dunia dalam sebuah kecelakaan mobil saat dikejar oleh paparazzi.

“Saya tidak menginginkan pekerjaan ini, saya tidak mau berada di posisi ini, saya tidak mau melakukan ini. Lihatlah apa yang terjadi pada ibu saya,“ tutur Harry.

Dalam sebuah wawancara sebelumnya, Harry mengatakan Keluarga Kerajaan memotong semua yang terkait dengan keuangan sejak ia mengumumkan akan melepas gelar kebangsawanan pada awal 2020. Namun ia tetap mampu membiayai istri dan anaknya melalui uang warisan dari sang ibunda.

Keluarnya Harry dan Meghan dari Kerajaan Inggris tahun lalu memicu pelanggaran privasi oleh media dan beragam tudingan rasis kepada Meghan. Ia mengkritik beberapa media di Amerika Serikat, tetapi mengakui bahwa mereka lebih baik daripada media-media Inggris.

Harry juga mengaku lebih bebas setelah ia dan Meghan hijrah ke California.

“Tinggal di sini membuat saya dapat menegakkan kepala dan merasa berbeda. Saya bisa mengajak Archie naik sepeda. Saya juga bisa berjalan-jalan berkeliling dengan lebih bebas,” tuturnya.info/red