PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Museveni Kembali Dilantik Jadi Presiden Uganda Periode Keenam

Yoweri Museveni
Yoweri Museveni

Kampala – Presiden petahana Uganda Yoweri Museveni dilantik pada Rabu (12/5/2021) untuk masa jabatan lima tahun yang keenam. Seperti dilaoKetua Mahkamah Agung, Alfonse Chigamoy Owiny-Dollo mengambil sumpah Museveni sebagai presiden negara Afrika Timur di Kololo Independence Grounds di ibu kota Kampala.

“Saya, Yoweri Tibuhaburwa Kaguta Museveni bersumpah atas nama Tuhan Yang Maha Kuasa bahwa saya akan dengan setia menjalankan fungsi presiden Uganda,” kata Museveni di tengah ulangan dari ratusan pendukung partai Gerakan Perlawanan Nasional yang berkuasa yang menghiasi fungsi tersebut.

Upacara pelantikan dihadiri oleh 11 kepala negara Afrika, termasuk Republik Demokratik Kongo Felix Tshisekedi yang saat ini menjabat sebagai Ketua Uni Afrika, beberapa perwakilan pemerintah, diplomat dari berbagai negara dan pejabat lainnya.

“Saya akan menjunjung tinggi, melestarikan, melindungi dan mempertahankan konstitusi dan mematuhi hukum Uganda dan bahwa saya akan meningkatkan kesejahteraan rakyat Uganda,” katanya.

Presiden dan panglima tertinggi kemudian menerima penghormatan nasional dan 21 senjata penghormatan sebelum dia memeriksa penjaga kehormatan yang dipasang oleh angkatan bersenjata.

Setidaknya 4.000 tamu telah diundang untuk menghadiri upacara tersebut setelah Museveni memenangkan pemilihan presiden 14 Januari, menurut kantor kepresidenan.

Museveni adalah seorang pemimpin politik berusia 76 tahun yang berkuasa pada tahun 1986. Dia telah memenangkan beberapa pemilihan.info/red