PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Kolaborasi United Bike dan IKM Garap Komponen E-Motor T1800

united bike
E-Motor T1800

Surabaya – Guna memenuhi kewajiban komponen produk dalam negeri, PT Terang Dunia Internusa selaku produsen sepeda merek United Bike yang juga produsen motor listrik United E-Motor T1800 menggandeng industri kecil menengah (IKM). Motor ini, akan menggunakan komponen bodi PVN nylon yang disediakan PT Laksana Tekhnik Makmur.

“Terealisasinya proyek bodi PVC nylon ini diharapkan dapat menjadi langkah kongkret penerapan spare parts dan aksesoris produksi dalam negeri lainnya pada produk keluaran United Bike di masa datang,” kata Direktur PT Terang Dunia Internusa (United Bike), Henry Mulyadi, dalam keterangannya pada Selasa (11/5/2021).

Langkah kerja sama ini, kata dia, diambil sebagai upaya kerja sama untuk menambah persentase Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) untuk produk United E-Motor. Henry mengaku mendukung pengembangan kemajuan industri dalam negeri bekerja sama dengan IKM bimbingan Kementerian Perindustrian (Kemperin).

Sebagai salah satu pelaku industri lokal di bidang sepeda, kata dia, pihaknya memiliki mimpi besar mengenai produksi sepeda di masa datang, yaitu dapat menggunakan komponen-komponen dari industri lokal dan diproduksi di dalam negeri.

“Kami yakin bahwa apa yang kita mulai hari ini, mampu membawa dampak positif bagi para pelaku industri, khususnya di industri sepeda, lewat kualitas supply chain yang terjaga, quality control yang lebih mudah, serta membantu dalam hal penyerapan tenaga kerja,” kata Henry.

Ia menyampaikan rasa terima kasih kepada Kementerian Perindustrian yang telah menjembatani IKM dengan para pelaku industri lainnya, sehingga terbentuk sinergi dalam memajukan produksi dalam negeri.

“Kami berharap agar kerja sama yang terjalin hari ini, dapat membuka peluang baru bagi para pelaku industri dalam negeri untuk menciptakan inovasi-inovasi terbaiknya, sehingga mampu melahirkan produk-produk hasil karya anak bangsa yang mampu bersaing di pasar internasional,” pungkasnya.

Motor United E-Motor T1800 merupakan pengembangan usaha terbaru dari PT Terang Dunia Internusa (United Bike). Motor ini diproduksi sebagai jawaban permintaan pasar otomotif yang menginginkan motor listrik yang ramah lingkungan namun mudah dalam operasional sehari-hari.

Pelaksanaan serah terima produk bodi PVC nylon sebanyak 500 unit dilakukan secara simbolis yang akan disampaikan oleh Suwarno selaku Direktur PT Laksana Tekhnik Makmur kepada Henry Mulyadi selaku Direktur dari P. Terang Dunia Internusa (United Bike), dan disaksikan langsung oleh Dirjen Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (IKMA) Kemperin, Gati Wibawaningsih.

“Saya berharap akan semakin banyak IKM yang dapat bergabung sebagai penyuplai komponen sepeda maupun komponen motor listrik,” jelas Gati.

Diakui pemerintah telah menetapkan target produksi nasional kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB) pada tahun 2030 sebanyak 600.000 unit untuk roda empat atau lebih, dan untuk roda dua sebanyak 2,45 juta unit. Selain itu juga untuk mengurangi emisi CO2 sebesar 2,7 juta ton untuk roda empat dan 1,1 juta ton pada roda dua.info/red