PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Menentang Vatikan, Gereja Katolik Jerman Berkati Pasangan Sesama Jenis

pemberkatan
Pemberkatan (bbc)

Surabaya,pustakalewi.com – Mulai hari Senin, 10 Mei 2021 para pendeta di sekitar 100 Gereja Katolik di Jerman bisa melakukan pemberkatan kepada pasangan sesama jenis. Tindakan gereja Katolik di Jerman ini menentang keputusan Vatikan pada Maret lalu yang melarang pemberkatan kepada pasangan sesama jenis.

Dilansir Reuters, keputusan pemberkatan ini setelah adanya gerakan “Kemenangan Cinta” yang muncul setelah Gereja Katolik pada bulan Maret, menyampaikan bahwa Tuhan “tidak dapat memberkati dosa”. Para imam dan keuskupan di seluruh Jerman telah bergabung dengan prakarsa “Kemenangan Cinta”, dengan pemberkatan berlangsung minggu ini di kota-kota seperti Berlin, Munich, Cologne, Frankfurt, dan Aachen. Dikabarkan bahwa ada 100 layanan diselenggarakan pada paruh pertama bulan Mei untuk memberkati persatuan sesama jenis.

Christian Olding, seorang pendeta di wilayah barat kota Geldern, Jerman, menyampaikan. “Jika kita mengatakan bahwa Tuhan adalah cinta, saya tidak dapat mengatakan kepada orang-orang yang merangkul kesetiaan, persatuan dan tanggung jawab satu sama lain bahwa mereka bukanlah cinta, itu cinta kelas lima atau enam. Saya menantikan berkat. Kami akan memiliki semua bentuk hubungan: pernikahan heteroseksual klasik, pasangan yang bercerai dan menikah lagi, pasangan yang belum menikah dan ya, juga pasangan sesama jenis. Kita akan memiliki seluruh keragaman cinta.”

DW melansir, gereja yang akan mulai melakukan pemberkatan sesama jenis beberapanya adalah Gereja St. Benediktus di Munich dan tiga gereja di Würzburg. Renate Spannig, juru bicara Maria 2.0, yang ikut mengatur kebaktian Munich yang dijadwalkan pada pukul 16:30 waktu setempat, menyampaikan  bahwa tidak mudah menemukan gereja yang menerima pasangan sesama jenis.

Maria 2.0, sebuah inisiatif reformasi akar rumput, telah menyerukan beberapa layanan serupa di seluruh Jerman di bawah motto “Kemenangan Cinta,” yang dilakukan seminggu menjelang Hari Internasional Melawan Homofobia.

Salah satu penyelenggara inisiatif, Pastor Bernd  Mönkebüscher dari Keuskupan Agung Paderborn, dia menyampaikan bahwa dia tidak mendengar argumen yang meyakinkan untuk melarang dia dari berkat semacam itu. “Ketika orang meminta berkat untuk cinta dan kemitraan mereka, siapakah saya untuk tampil sebagai gereja dan berkata … itu (sebuah) dosa.”info/red