PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Ini Cara Rawat Baterai Smartphone Android Supaya Tahan Lama

baterai smartphone
baterai smartphone

Surabaya – Pabrikan smartphone merancang baterai smartphone supaya mampu bertahan lama tetapi penggunaan smartphone yang salah dapat mempercepat umur baterai smartphone itu sendiri.

Tentunya, Anda harus melakukan beberapa hal supaya masa pakai baterai smartphone awet seperti merawat baterai, tidak terlalu sering menghidupkan layar hingga tidak menjalankan aplikasi dalam jumlah banyak secara bersamaan.

Berikut beberapa tips untuk memperpanjang masa baterai:

1. Aktifkan mode penghemat baterai

Beberapa smartphone Android memiliki fitur penghemat baterai atau mode daya rendah sehingga baterai bertahan lebih lama.

2. Jangan sampai layar selalu aktif

Untuk menghemat masa pakai baterai, coba untuk tidak menggunakan navigasi dalam waktu yang lama, tidak menonton video dan tidak memainkan game dengan kualitas grafis yang tinggi.

3. Hindari sambungan konstan

Untuk menghemat masa pakai baterai, coba untuk tidak Tethering ponsel (hotspot), tidak menggunakan GPS dalam waktu yang lama, tidak streaming video atau musik dan tidak melakukan panggilan telepon saat dalam perjalanan, seperti di dalam mobil.

4. Batasi konektivitas dan lokasi

Jika Anda tidak memerlukan jaringan seluler, aktifkan mode Pesawat Mode pesawat. Gunakan Wi-Fi, bukan data seluler, nonaktifkan Bluetooth dan nonaktifkan Akses lokasi.

Jika baterai sudah rusak, biasanya daya akan cepat habis dan memerlukan waktu yang dalam pengisian dayanya. Maka dari itu ada beberapa tips dalam perawatan baterai.

1. Menggunakan adaptor daya yang disertakan dalam ponsel

Adaptor daya dan pengisi daya lain dapat mengisi daya dengan lambat atau tidak mengisi daya sama sekali. Keduanya juga dapat merusak ponsel maupun baterai.

2. Menjaga smartphone supaya tetap dingin

Hindari situasi yang dapat menyebabkan ponsel terlalu panas, terutama saat baterai terisi penuh dayanya. Baterai akan terkuras lebih cepat saat sedang panas, meski tidak sedang digunakan.

3. Isi daya baterai seperlunya

Matikan ketika baterai ponsel android sudah mencapai 20 persen dan isi daya hingga penuh. Baru kemudian bisa digunakan kembali. Hindari kebiasaan memainkan ponsel selama masa pengisian daya baterai. Jangan terlalu sering mengisi daya ponsel agar tidak merusak baterai dan ponsel. info/red