PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Pindad Ajak Perusahaan Asal UEA Untuk Produksi Senjata

senjata pindad
Senjata produksi PINDAD

Surabaya – PT Pindad(Persero) menggandeng perusahaan asal Uni Emirat Arab (UEA), Caracal International LLC, untuk memproduksi sejumlah senjata Saat ini kedua pihak telah melakukan penandatanganan kerja sama Industrial Cooperation Agreement. 

Direktur Utama Pindad, Abraham Mose  menyebut, pihaknya dan Caracal akan bekerja sama melaksanakan produksi berbagai senjata. Diantaranya, senapan serbu CAR 816 yang berbasis AR15 yang digunakan bagu pasukan khusus Indonesia. Senjata jenis ini menggunakan komponen laras dan komponen lain yang bersumber dari Pindad. 

Selanjutnya, senapan mesin SM3 5.56mm yang digunakan tentara UEA dan dipasarkan di Timur Tengah, serta penggunaan laras buatan Pindad dan komponen senjata lainnya untuk senjata-senjata buatan Caracal. 

“Caracal merupakan manufaktur senjata yang berada di dalam holding industri pertahanan Edge Group, UEA,” ujar Abraham seperti dilansir dalam Website Pindad, Kamis (6/5/2021). 

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, kerjasama di industri pertahanan kedua negara tersebut membuat Indonesia memperbanyak assault rifle. Persenjataan ini akan dipakai kedua pihak. “Kita akan banyak membuat assault rifle dari pindad. Mereka sukses, kita sukses, kita gunakan bersama,” kata Luhut. 

Dalam penandatanganan kerjasama itu meliputi rehabilitasi hutan bakau, bidang ekonomi kreatif atau cooperation in the field of creative economy, menyepakati rencana world conference of creative economy atau penyusunan teknis konferensi ekonomi kreatif dunia. (IND) info/red