PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Konjen RRT di Surabaya Bagi 500 Paket Sembako untuk Anak Yatim di Masjid Cheng Hoo

RRT Cengho
Komjen RRT Bagikan Sembako

Surabaya,pustakalewi.com – Setelah berpuasa sebulan penuh, maka Idulfitri sangat dinantikan. Menjelang lebaran, semakin banyak instansi yang melakukan kegiatan baksos, salah satunya Konjen RRT di Surabaya yang memberikan bantuan 500 paket sembako untuk anak yatim dan kaum duafa.

Baksos bekerjasama dengan PITI Jatim dan Yayasan Haji Muhammad Cheng Hoo Indonesia (YHMCHI), digelar di halaman Masjid Cheng Hoo Surabaya pukul 3 sore, dengan menerapkan protokol kesehatan ketat, diikuti 30 orang perwakilan untuk menghindari kerumunan, pada Kamis 6 Mei 2021.

Ketua Yayasan Haji Muhammad Cheng Hoo H. Abdullah Nurawi saat membuka acara mengatakan mendistribusikan 500 paket sembako sumbangan dari Konjen RRT di Surabaya untuk anak yatim dan duafa.

“Karena pandemi, Bapak Konjen Gu Jingqi tidak bisa hadir di tengah-tengah kita. Tapi beliau menyapa secara virtual. Sebelum ada pandemi, beliau selalu hadir bersama kami, anak yatim dan duafa. Bingkisan dari Konjen RRT sebanyak 2000 untuk umat muslim di Jatim disalurkan melalui NU, Muhammadyah, MUI dan Masjid Cheng Hoo,” terangnya.

Secara virtual, Konjen RRT hadir menyapa pengurus YHMCHI, PITI Jatim, seluruh anak yatim dan duafa. Dalam sambutannya Konjen RRT Gu Jingqi mengucapkan selamat menunaikan ibadah Ramadan dan sangat senang bisa berjumpa dengan semuanya.

Konjen Republik Rakyat Tiongkok di Surabaya berturut-turut selama bertahun-tahun selalu mengadakan kegiatan buka puasa bersama dan berbagi bingkisan untuk masyarakat muslim, khususnya anak-anak yatim dan duafa.

1 3
Konjen RRT di Surabaya

“Saya yakin yang diterima oleh teman-teman muslim bukan hanya bingkisan, namun terlebih adalah rasa kasih sayang yang mendalam dari rakyat Tiongkok terhadap rakyat Indonesia, dan sebagai bentuk rasa hormat Pemerintah Tiongkok terhadap adat agama dan tradisi suku yang berbeda,” ucap Konjen RRT di Surabaya.

Selama lebih dari empat tahun menjabat sebagai Konsul Jenderal RRT di Surabaya, Gu Jingqi sudah 4 tahun berturut-turut mengadakan kegiatan berbagi bingkisan Ramadan.

Tahun ini, Konjen RRT di Surabaya menyumbangkan 2.000 bingkisan sembako kepada Masjid Cheng Hoo, NU Jatim, Muhammadiyah Jatim dan MUI Jatim. Empat organisasi ini yang menyalurkan bingkisan untuk keluarga pra sejahtera, sehingga membantu melawan pandemi dan melewati masa sulit.

“Saya dengan tulus hati mengucapkan terima kasih kepada Yayasan Haji Muhammad Cheng Hoo Indonesia yang menyelenggarakan acara hari ini, juga kepada semuanya atas dukungan kuat yang diberikan,” imbuh Gu Jingqi.

2121
Salah satu anak mengucapkan terimakasih kepada Konjen RRT di Surabaya

Lebih dari 23 juta Muslim di Tiongkok, termasuk di antaranya lebih dari 11 juta rakyat Xinjiang sebagai provinsi dengan jumlah Muslim terbanyak di Tiongkok.

Saat ini mereka sedang merasakan hal yang sama dengan muslim di Indonesia, secara tenang dan damai dalam bulan suci menjalankan puasa, berdoa, bersedekah, dan berbagai cara lainnya, berbuat baik sehingga menjadi berkat.

Sejak awal Maret tahun lalu, Konjen RRT di Surabaya secara aktif bergandengan tangan dengan berbagai golongan di Jawa Timur untuk memerangi pandemi.

Konjen telah mendonasikan sejumlah besar masker, APD, kacamata pelindung, ventilator non invasif dan lain-lain kepada Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta, Maluku dan Maluku Utara, serta kepada rumah sakit rujukan, NU, Muhammadiyah dan berbagai ormas keagamaan lainnya.

Ini semua dilakukan sekuat tenaga dengan memberikan bantuan pencegahan dan pengendalian pandemi di daerah setempat.

“Akhir kata, saya dengan setulus hati mengucapkan Selamat Ramadan untuk semuanya. Semoga kita semua sehat selalu, dan semoga hubungan Tiongkok-Indonesia naik ke tingkat yang lebih tinggi. Terima kasih,” kata Konjen RRT di Surabaya mengakhiri sambutannya.

hasan
Ustad Liem Fuk San dan pengurus YHMCHI membagi sembako

Acara dilanjutkan dengan pemberian bingkisan kepada anak yatim oleh H. Abdullah Nurawi, Ustad Liem Fuk San dan pengurus lainnya. Salah satu anak yatim mengucapkan terimakasih kepada Konjen RRT di Surabaya, karena memberikan bingkisan untuk menyambut lebaran. Aira