PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Gandeng Flip, Transfer dari Bank Muamalat ke Bank Lain Bisa Gratis

muamalat 1
Bank Muamalat

Surabaya – PT Bank Muamalat Indonesia Tbk. menjalin kerja sama dengan Flip, perusahaan teknologi finansial penyedia jasa transfer uang antar bank. Melalui kolaborasi ini nasabah Bank Muamalat yang ingin melakukan transfer uang ke bank lain via aplikasi Flip tidak akan dikenai biaya alias gratis.

Direktur Bisnis Ritel Bank Muamalat Purnomo B. Soetadi mengatakan kerja sama ini akan sangat bermanfaat bagi nasabah dalam bertransaksi antar bank karena tidak dibebani lagi oleh biaya administrasi.

Selain itu, Bank Muamalat dapat meningkatkan efisiensi sekaligus juga mempercepat penetrasi produk-produk keuangan syariah di masyarakat.

“Kolaborasi dengan startup seperti Flip menunjukkan bahwa dari sisi teknologi Bank Muamalat sudah siap untuk menghadapi era digital. Di sisi lain diharapkan kerja sama ini akan meningkatkan pendapatan berbasis komisi (fee based income/FBI) bank serta peningkatan funding,” ujarnya dalam keterangan resmi, Rabu (21/4/2021).

Bank Muamalat akan menyediakan layanan keuangan bagi Flip melalui koneksi host to host (H2H). Adapun, layanan yang digunakan di antaranya meliputi cek saldo, mutasi rekening, pindah buku, akun virtual dan transfer antar bank.

Sebagai informasi, H2H adalah layanan bank yang dapat ditawarkan kepada mitra seperti Flip untuk melakukan instruksi beberapa fitur transaksi perbankan dari rekening yang dimiliki oleh mitra baik untuk kebutuhan mitra, nasabah mitra maupun nonmitra.

“Kerja sama ini akan memudahkan aktivitas pemindahan dana milik Flip. Mereka dapat melakukan transaksi operasional keuangan langsung melalui aplikasi yang tersedia melalui perantara H2H tanpa perlu berpindah ke kanal transaksi online lain milik bank,” imbuh Purnomo. Flip sudah bekerja sama dengan 16 bank besar di seluruh Indonesia. Startup yang berdiri pada 2015 ini sudah memiliki lebih dari 3 juta pengguna dan memproses transaksi lebih dari 2 kali lipat lebih banyak pada 2020.