PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Polri Siapkan 333 Sekat Saat Penerapan Larangan Mudik Idul Fitri

penumpang bis
Penumpang Bis

Surabaya – Polri menggelar 333 titik sekat dalam pengamanan Lebaran Idul Fitri 2021. Sekat itu digelar mulai 6-17 Mei dalam operasi tahunan bersandi Operasi Ketupat untuk mencegah arus pemudik.

Hal ini dikatakan oleh Kabag Penum Polri Kombes Ahmad Ramadhan di Mabes Polri, Senin (3/5/2021).

“Sekali lagi disampaikan bahwa Polric dalam hal ini Korlantas, telah menyampaikan 333 titik penyekatan telah disiapkan dan tersebar sepanjang wlayah dari Lampung hingga Bali,” katanya.

333 titik penyekatan itu merupakan titik checkpoint yang disiapkan oleh aparat kepolisian yang tersebar di beberapa perbatasan provinsi dan perbatasan kabupaten. Juga di titik jalan arteri ataupun di jalan tol.

“Kami sampaikan bahwa operasi ketupat sebelumnya diawali dengan operasi keselamatan 2021. Operasi keselamatan ini memiliki target memutus mata rantai penyebaran Covid19” lanjuttnya.

Seperti diberitakan untuk kegiatan tahunan tersebut akan menerjunkan sekitar 175 ribu personel gabungan dan disesuaikan dengan kebijakan pemerintah terkait larangan mudik. Akan ada pergelaran personel dititik-titik strategis.

Pemerintah memutuskan meniadakan libur panjang untuk perjalanan mudik lebaran 2021. Keputusan ini berlaku mulai 6 hingga 17 Mei 2021 bagi seluruh masyarakat.

Termasuk untuk aparatur sipil negara (ASN), TNI-Polri, karyawan swasta, maupun pekerja mandiri. Kebijakan ini dilakukan agar pencegahan penyebaran Covid-19 dapat berlangsung optimal.

Juga belajar dari data sebelumnya yang menunjukan libur panjang berkorelasi pada meningkarnya angka penularan dan kematian masyarakat serta tenaga kesehatan akibat Covid-19.info/red