PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Sambat Sama Gus Ipul bisa langsung lewat E-Sambat

esambat
Gus Ipul luncurkan E-Sambat

Pasuruan,pustakalewi.com – Guna mendukung program kerja Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pasuruan dalam 99 hari kerja salah satunya adalah rintisan smart city, Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Kota Pasuruan menghadirkan layanan pengaduan berbasis mobile bernama aplikasi ‘E-Sambat’ yang langsung diluncurkan oleh Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) pada hari Rabu sore tanggal 28 April 2021.

Peluncuran aplikasi E-Sambat yang digelar di halaman depan Radio Ramapati FM Kota Pasuruan ini selain dihadiri oleh Kepala Diskominfotik Kota Pasuruan, Kokoh Arie Hidayat, juga dihadiri Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) beserta Ibu Hj. Fatma Saifullah Yusuf, Wakil Wali Kota Pasuruan, Adi Wibowo (Mas Adi) beserta Ibu Ani Adi Wibowo, Pj. Sekertaris Daerah Kota Pasuruan, Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kota Pasuruan, Camat Se-Kota Pasuruan, Kepala Bank Jatim Cabang Pasuruan, Wartawan  dan tamu undangan lainnya.

Sebagai media sambat masyarakat, aplikasi E-Sambat diperuntukkan bagi masyarakat yang ingin menyampaikan pengaduannya terkait persoalan atau layanan di Kota Pasuruan secara online dan gratis. Masyarakat yang ingin mengunduh aplikasi E-Sambat ini dapat diunduh melalui Google Play Store dan melakukan registrasi akun E-Sambat menggunakan email, NIK, dan nama lengkap. Mengingat bahwa kebutuhan masyarakat saat ini adalah adanya pelayanan publik yang cepat, tanggap, dan murah, maka dalam sambutannya,

Gus Ipul menyampaikan, Perangkat Daerah terkait dituntut untuk memberikan respon secara cepat, sehingga E-Sambat dapat menjadi wadah untuk menyampaikan aspirasi, keinginan, dan kebutuhan masyarakat sehingga bisa dicarikan solusinya.

Lebih lanjut disampaikan, dengan adanya aplikasi E-Sambat diharapkan nantinya akan terdeteksi hal-hal apa saja yang menjadi keluhan warga kota Pasuruan dan dapat diketahui apa saja yang menjadi skala prioritas masyarakat, termasuk bantuan apa yang perlu diberikan oleh Pemerintah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Seiring dengan kemajuan teknologi, layanan kita yang sifatnya cepat dan mudah diakses seperti E-Sambat ini perlu hadir ditengah-tengah masyarakat,” ujar Gus Ipul.

Sebelum berakahir, selain menghimbau seluruh Perangkat Daerah agar dapat merespon ‘sambatan’ masyarakat Kota Pasuruan yang masuk, Gus Ipul juga menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Perangkat Daerah yang turut berpartisipasi dalam mewujudkan Program Kerja dalam 99 hari kerja Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pasuruan.kbrp/red/info