PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Di Surabaya, Departemen Kehutanan Gagalkan Penjualan Hewan yang Dilindungi

satwa liar
Satwa Liar yang Disita

Surabaya, Pustakalewi.net – Balai Pengamanan dan Penegakan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan Wilayah Jawa Bali Nusa Tenggara seksi Wilayah II Surabaya Ditjen Penegakan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kementerian LHK bersama Polsek Wiyung,  Centre For Orang Utan Protection dan Animal Indonesia melakukan operasi peredaran tumbuhan dan satwa Liar.

Operasi yang digelar antar tiga instansi tersebut telah berhasil mengamankan tersangka berinisial RAG dengan barang bukti satwa dilindungi berupa dua ekor Lutung Jawa dalam keadaan hidup dan empat ekor Kukang Jawa dalam keadaan hidup.

“RAG diamankan di rumahnya di Perumahan Gunungsari Indah Blok WW/31 Kelurahan Kedurus Kecamatan Karang Pilang Surabaya,” terang Kepala Balai Pengamanan dan Penegakan Hukum LHK Wilayah Jawa Bali Nusa Tenggara, Kamis (04/08).

Pelaku tindak pidana tersebut telah melanggar pasal 21 ayat [2] huruf a Jo. Pasal 4O ayat [2] Undang-undang Nomor S tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya Jo SK Menteri Kehutanan dan Perkebunan Nomor: 733/Kpts-II/1999 tentang Penetapan Lutung Jawa sebagai Satwa dilindungi dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara dan denda Rp. 100.000.000, (seratus juta rupiah).

Reporter: Marvin