PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Sebanyak 25 Negara Ikut Asia Pacific Submarine Conference di Surabaya

kapalselam
Pembukaan Konferensi Kapal Selam Se-Asia Pasifik

Surabaya, Pustakalewi.com – Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P., resmi membuka The 17th Asia Pacific Submarine Conference (APSC) ata Konferensi Kapal Selam Se-Asia Pasifik Tahun 2017, pada Rabu (25/10), di Surabaya, Jawa Timur.

APSC merupakan konferensi yang digelar sebagai wujud perhatian mendalam terhadap kecelakaan kapal selam yang terjadi di beberapa negara di dunia, terutama di Asia Pasifik.

Dalam sambutannya Kasal mengatakan bahwa, Konferensi Kapal Selam Se-Asia Pasifik ini merupakan sarana saling tukar informasi, pengalaman antar negara dan menjalin persahabatan serta untuk mengetahui perkembangan teknologi dan kemampuan kapal selam berikut dengan peralatan keselamatan kapal selam suatu negara, sehingga sangat penting diikuti oleh TNI AL secara periodik dan berkelanjutan.

“APSC merupakan agenda tahunan dalam rangka menyatukan para Perwira Kapal Selam dari Negara-Negara Asia Pasifik dan Eropa, diharapkan hasil dari konferensi ini akan sangat bermanfaat bagi kita sekalian dalam mengembangkan hubungan multilateral sekaligus meningkatkan hubungan antar pengawak kapal selam. Selain itu juga untuk menambah pengetahuan dan wawasan para perwira kapal selam TNI AL dalam pengetahuan SAR kapal selam demi terwujudnya zero casualty atau bahkan zero accident terhadap unsur kapal selam”, tegas Kasal.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Asrena Kasal Laksda TNI Tri Wahyudi, S.E., M.M., Aspam Kasal Laksda TNI Agus Heryana, S.E., Asops Kasal Laksda TNI I.N.G.N. Ary Atmaja, S.E., Aspotmar Kasal Mayjen TNI Marinir Gatot Triswanto, Pangarmatim Laksda TNI Darwanto, S.H., M.A.P., Kadispenal Laksma TNI Gig Jonias Mozes Sipasulta, Kadisopslatal Laksma TNI Didik Setiono, S.E., M.M., Komandan Satuan Kapal Selam Kolonel Laut (P) Iwa Kartiwa, serta para pejabat lainnya.

Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 24 sampai dengan 27 Oktober 2017 ini, menghadirkan 25 negara di kawasan Asia Pasifik dan Eropa yaitu: Indonesia, Australia, Bangladesh, Brazil, Canada, Chili, Cina, Perancis, India, Italia, Japang, Malaysia, Belanda, Pakistan, Peru, Polandia, Korea Selatan, Rusia, Singapura, Thailand, Turki, United Kingdom, Amerika Serikat, Uni Emirat Arab dan Vietnam, serta dua organisasi Internasional (International Submarine Escape and Rescue Liason Office/ISMERLO dan NATO Submarine Escape and Rescue Working Group/NATO SMERWG).

Reporter: Marvin