PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Empat Kader Gereja Penggiat Demokrasi Dilantik Menjadi Panitia Pengawas Pemilu

kadergerejapanwaslu
Pelantikan Panwaslu se-Jawa Timur

Surabaya, Pustakalewi.com – Pelantikan Panitia Pengawas Pemilu kabupaten/kota se-Jawa Timur dilaksanakan di Kantor Gubernur Jawa Timur, Jalan Pahlawan no.110 Surabaya pada Senin (29/08). Dalam forum ini, ada empat kader Gereja penggiat demokrasi yang dilantik bersamaan dengan 110 Panitia Pengawas Pemilu lainnya dari 38 Kabupaten/kota di Jawa Timur.

Pelantikan oleh Ketua Bawaslu Jawa Timur yang secara langsung disaksikan oleh Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur tersebut turut melantik empat kader gereja, yaitu, Novli Bernado Thyssen S.H perwakilan Kota Surabaya, Vici Simatupang, SP perwakilan Mojokerto, Drs. Cipto Nugroho perwakilan Banyuwangi, dan Berty Stefanus Hans Rindengan, S.H. perwakilan Kabupaten Pacitan.

Kader gereja yang menjadi bagian dari panitia pengawas pemilu ini menunjukkan partisipasi kelompok Kristen dalam melanjutkan usaha reformasi yang berbuah penerapan demokrasi langsung di Indonesia, serta sebuah upaya menjaga demokrasi langsung yang bersih dan jujur.

Novli Bernado Thyssen mengatakan kader gereja sudah seyogyanya ikut berpartisipasi aktif dalam melakukan pengawasan pemilu yang jujur dan bersih. Ini adalah bukti nyata bahwa Gereja masih konsisten mengawal proses-proses demokrasi di Jawa Timur. Hal ini disampaikan dalam wawancara Pustakalewi.com di lokasi pelantikan.

“Saya sebagai perwakilan gereja siap menjadi garam dan terang dalam melakukan pengawasan pemilu di Jawa timur, sehingga kelak kita bisa meminimalisir kecurangan-kecurangan dalam pemilu,” tutur Novli yang juga Ketua Komite Independen Pemantau Pemilu Surabaya ini.

Kegiatan pelantikan tersebut diakhiri dengan doa dan dilanjutkan dengan kegiatan pembekalan bagi 114 panitia pengawas pemilu yang dilantik serta rapat koordinasi awal di Hotel Garden Palace Surabaya.

(Sultan)