PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Gereja Inggris Ini Melayani Baptisan Bagi Kaum Transgender

image 6

London – Salah satu gereja kongregasi Unitarian di Inggris, The New Chapel Unitarian and Free Christian Church, menjadi gereja pertama di Inggris yang melayani baptisan bagi kaum transgender.

Keputusan ini diambil secara bulat oleh para pemimpin gereja menyikapi permintaan dari sebuah keluarga yang menginginkan anak gadisnya yang berusia 10 tahun dibaptis menurut jenis kelaminya yang baru.

Salah satu pemimpin gereja, Jean Clements, di Manchester mengatakan kepada media seperti yang dikutip dari BBC dan Christian News, bahwa dia merasa sedih melihat keluarga ini tidak dilayani oleh gereja-gereja ketika mereka ingin membaptis anaknya yang transgender ini.

Keputusan ini rupanya menjadi kontroversi bahkan di kelompok gereja-gereja unitarian Inggris sendiri. Derek McAuley, kepala dari Sidang Umum Unitarian, mengatakan bahwa mungkin saja kongregasi Unitarian yang lain akan melayangkan gugatan.

Saat ini, menurut salah satu media Inggris The Independent,  diperkirakan ada 170 kongregasi Unitarian di Britania Raya. (SAV)

Sumber: BBC, Christian Today