PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Kameramen Wanita Ini Dipecat Karena Menendang Pengungsi

image 7

Budapest – Petra Laszlo, seorang kameramen wanita dari sebuah stasiun televisi Hungaria dipecat karena tertangkap kamera melakukan perbuatan yang tidak semestinya dilakukan oleh seorang jurnalis ketika melakukan tugasnya.

Dalam sebuah cuplikan video yang tersebar di berbagai media sosial dan kemudian menjadi “viral” ini, terlihat dengan jelas bagaimana jurnalis dari N1TV Hungaria ini dengan sengaja menendang anak-anak pengungsi yang sedang berlari. Parahnya, perbuatannya belum terhenti sampai di situ karena dia juga dengan sengaja menyilangkan kakinya, dengan masih tetap memanggul kamera, sehingga menyebabkan seorang pengungsi berusia paruh baya terjatuh.

Cuplikan video berdurasi sekitar 20 detik ini diunggah melalui media sosial twitter oleh Stephan Richter, seorang reporter dari televisi Jerman RTL. Kecaman semakin kencang tatkala sebuah kanal berita Hungaria juga menulis bahwa Laszlo ini juga diketahui menendang seorang anak perempuan.

Perbuatannya ini kemudian menjadi bahan cercaan dan menyebabkan stasiun televisi dimana tempat dia bekerja memutuskan untuk mengakhiri hubungan kerja.

“Relasi kerja kita dengan kameramen wanita tersebut telah berakhir”, demikian keterangan resmi yang dirilis pada Selasa (08/09).

Ditambahkan juga oleh kepala editor N1TV bahwa “Seorang kolega dari stasiun televisi N1TV (Petra Laszlo-red) telah melakukan perbuatan yang tidak bisa diterima di titik berkumpulnya pengungsi di Roszke.”

Saat ini masih terdapat ribuan orang yang menyeberang melalui berbagai negara Eropa Timur, termasuk Hungaria, dengan tujuan utama Jerman. Gelombang pengungsi yang diperkirakan jumlahnya sudah melebihi 400 ribu pengungsi ini menciptakan krisis dan perdebatan tersendiri di kalangan para pemimpin Eropa. (SAV)

Sumber: The Guardian. News Yahoo