PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Atlit Bulutangkis Israel ini Kesulitan Masuk Indonesia

misha

Jakarta, Pustakalewi.net – Misha Zilberman, 26 tahun, telah berlatih keras selama beberapa minggu terakhir ini di Singapura. Tujuan utamanya adalah bermain di turnamen Kejuaraan Dunia Bulutangkis tahun 2015 yang mulai Senin ini diselenggarakan di Jakarta. Namun, hambatan politik menyebabkan atlit tunggal putra peringkat 44 dunia ini kesulitan untuk mendapat visa ke Indonesia.

Seperti diketahui Israel dan Indonesia secara formal tidak mempunyai hubungan diplomatik. Menurut keterangan pihak Zilberman yang dilansir oleh Jerusalem Post menyebutkan bahwa dia sebenarnya sudah mengajukan permohonan visa sejak enam bulan lalu namun selalu ditolak.

Upaya Zilberman berlanjut dengan meminta organisasi bulutangkis dunia, BWF, untuk ikut membantunya bisa bermain di Istora Senayan Jakarta. Desakan juga muncul dari komite olimpiade Israel yang akhirnya membuat BWF mengirimkan perwakilan khusus dalam membantu upaya Zilberman mendapat visa.

Kedatangan Zilberman ini memang sangat penting bagi atlit yang juga pernah berlaga di Olimpiade London 2012 ini. Dia harus mengumpulkan banyak kredit poin sebagai persyaratan mutlak bisa berpartisipasi di Olimpiade Brasil tahun depan.

Berdasarkan catatan Pustakalewi.Net bukan kali ini saja ketiadaan hubungan diplomatik berimbas ke dunia olahraga. Tim nasional Indonesia pernah melewatkan kesempatan berlaga di Piala Dunia 1958 ketika di babak penyisihan menolak untuk bertanding melawan Israel. Di cabang tenis pada tahun 1996 Tim Fed Indonesia juga tidak diizinkan untuk bertanding melawan tim Israel sehingga terkena skors dan denda dari federasi tenis internasional. (SAV)

Sumber: Jerusalem Post, BWF