PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

JKLPK Gelar Pelatihan Nasional Manajemen LKSA

lksa

Jakarta, Pustakalewi.net – Jaringan Kerja Lembaga Pelayanan Kristen (JKLPK) Indonesia menggelar kegiatan pelatihan nasional tentang manajemen Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) yang rencananya  dilaksanakan pada 4-10 Agustus 2015 di Hotel Puncak Village, Cipayung, Bogor.

Informasi dari sekretariat nasional (seknas) JKLPK menyebutkan bahwa kegiatan ini rencananya akan melibatkan sekitar 25 peserta yang merupakan perwakilan dari lembaga-lembaga partisipan JKLPK yang mempunyai pelayanan di bidang LKSA dari 12 region yang dimiliki JKLPK.

Dari JKLPK Region Jawa Timur yang berpartisipasi dalam kegiatan ini adalah dari Yayasan Pondok Kasih (Surabaya), Panti Asuhan Sejahtera (Surabaya), dan Panti Asuhan Bethesda (Tulungagung).

Panitia kerja yang sudah dibentuk oleh seknas JKLPK sudah mempersiapkan berbagai hal yang dibutuhkan untuk mensukseskan acara ini. Dari sisi fasilitator dan narasumber diundang beberapa personil yang punya kompetensi di bidang ini, diantaranya adalah Benny Lumy yang akan memberi wawasan tentang standar nasional pengasuhan anak.

Diundang pula untuk memberikan perspektif pemerintah adalah perwakilan dari Kementerian Sosial. Dari internal JKLPK juga diundang perwakilan LKSA yang sudah mempunyai standardisasi nasional.

Dari materi yang sudah dirancang tidak hanya membahas tentang standar nasional pengasuhan anak, tapi juga aspek-aspek lain yang terkait dengan panti asuhan mulai dari pengumpulan dana sampai aspek kelembagaan panti itu sendiri. Di sesi akhir juga sudah disiapkan post-tes dan rencana tindak lanjut yang nantinya menjadi panduan dalam melaksanakan dan mengevaluasi kegiatan berikutnya.

Tujuan dari pelatihan ini adalah mempersiapkan lembaga-lembaga partisipan JKLPK yang mempunyai pelayanan di bidang panti asuhan dalam upaya memenuhi standar nasional pengasuhan anak yang sudah ditetapkan pemerintah. (Santo)