PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Obama Kunjungi Gereja Masyarakat Kuba di Miami

miami

Miami – Dalam suatu kunjungan yang disebut sebagai kunjungan tidak direncanakan, Presiden Amerika Serikat, Barrack Obama, mengunjungi sebuah gereja di Miami. Gereja yang dikunjungi Obama ini bukan gereja biasa karena gereja komunitas ini merupakan tempat dimana banyak masyarakat Kuba diaspora beribadah.

Dalam kunjungan hari Kamis (28/05) ke gereja yang disebut masyarakat setempat sebagai Shrine of Our Lady of Charity ini Obama diajak melihat-lihat beberapa bagian gedung oleh Bapa Juan Rumin Dominguez.

Di dalam tempat ibadah ini terdapat berbagai ornamen dan mural yang menggambarkan karakter religius dan sosial-politik masyarakat Kuba. Diantaranya adalah sebuah mural yang menggambarkan sosok Yesus Kristus, Bunda Maria, Christopher Coumbus, dan seorang pahlawan nasional Kuba, Jose Marti.

Dikutip dari kantor berita AFP, kunjungan tidak biasa Obama ini menurut juru bicara Dewan Keamanan Nasional AS merupakan bentuk penghormatan Obama atas keberadaan masyarakat Kuba diaspora yang tinggal dan beribadah di sana.

Hal ini juga menandai semakin baiknya hubungan diplomatik antara Amerika Serikat dan Kuba yang selalu bersitegang sejak lima dekade terakhir. Bahkan sejak 29 Mei 2015, Amerika Serikat secara resmi mengeluarkan Kuba dari daftar hitam negara yang mendukung terorisme.

(santo)

Sumber: AFP, USA Today