PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Dewan Gereja Dunia Meminta Presiden Jokowi Menangguhkan Eksekusi

wcc

Surabaya, Pustakalewi.net – Dewan Gereja Dunia (World Council of Churches) dalam rilis resminya melalui surat elektronik yang diterima oleh redaksi pustakalewi.net pada Selasa malam waktu Indonesia bagian barat, menyatakan bahwa mereka telah mengirimkan surat resmi kepada Presiden Indonesia, Joko Widodo, untuk menangguhkan eksekusi terhadap 10 terpidana mati yang direncanakan dalam waktu dekat ini.

Menurut keterangan sekretaris umum WCC, Rev. Dr. Olav Fykse Tveit seperti yang dikutip dari surat elektronik tersebut, surat tersebut berisi himbauan kepada Presiden Joko Widodo untuk melakukan moratorium hukuman mati, termasuk yang direncanakan dalam waktu dekat ini, dan mengajak untuk bergabung dalam konsensus global yang sedang berkembang yang menentang penghukuman paling ekstrim ini.

“Keputusan negara anda untuk melanjutkan eksekusi menempatkan Indonesia melawan tren global yang sedang meniadakan hukuman mati,” tulisnya dalam surat tersebut.

“Saya bergabung dengan banyak pihak yang lain diseluruh dunia yang mengajukan banding kepada anda untuk mengampuni para terpidana mati yang direncanakan dieksekusi dalam waktu dekat ini: Andrew Chan, Myuran Sukumaran, Raheem Agbaje Salami, Mary Jane Fiesta Veloso, Zainal Abidin, Martin Anderson (alias Belo), Rodrigo Gularte, Sylveste Obiekwe Nwolise (alias Mustafa), Okwudili Oyatanze, dan Serge Areski Atlaoui,” ujarnya.

Lebih lanjut, dia berkata, “Meskipun mereka telah melakukan berbagai kejahatan seperti yang telah didakwakan kepada mereka, para saudara dan saudari ini semuanya adalah anak-anak Tuhan, diciptakan dalam gambaran Tuhan sendiri.” (Santo)