PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Sidang Umum XIV Dewan Gereja Asia Akan Dilaksanakan di Jakarta

image 1

Jakarta, Pustakalewi.net – Dewan Gereja Asia (Christian Conference of Asia/CCA) akan menyelenggarakan  Sidang Umum XIV di Jakarta, Indonesia, pada 20-27 Mei 2015. Keputusan ini didasarkan oleh hasil pertemuan komite CCA di Thailand tahun kemarin yang menetapkan Huria Kristen Batak Protestan (HKBBP) sebagai penanggungjawab dan akan mengambil tema “Living Together in the Household of God.”

Tema ini diambil dengan melihat situasi dunia akhir-akhir ini yang dipenuhi berbagai konflik, krisis ekonomi dan lingkungan, yang menuntut peran gereja dan umat Tuhan di Asia  untuk ikut memperbaikinya sekaligus menjadi rekan kerja bagi Allah dalam melindungi dan menjaga seluruh ciptaan.

Dalam keterangan yang terdapat di laman resmi Dewan Gereja Asia disebutkan bahwa acara ini diharapkan bisa dihadiri sekitar 400-500 peserta yang berasal dari seluruh anggota CCA yang terdiri dari 17 dewan gereja di tingkat nasional dan 101 denominasi gereja yang tersebar di 21 negara Asia. Dari Indonesia sendiri, CCA mempunyai 32 anggota yang merupakan denominasi/sinode gereja.

Agenda utama dalam sidang umum ini adalah meninjau kembali sekaligus juga menyusun program-program kerja CCA serta tak lupa memilih struktur kepemimpinan baru CCA lima tahun ke depan. Dalam sidang umum terakhir di Kuala Lumpur, Malaysia, tahun 2010, terpilih Rev. Dr. Henriette Hutabarat Lebang dari Gereja Toraja sebagai sekretaris umum.