PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Bamag Surabaya Akan Adakan Seminar Pencerahan Hukum

No Image

Surabaya, Pustakalewi.net  – Carut marut kondisi hukum bangsa Indonesia mendatangkan keprihatinan dari banyak pihak, tak terkecuali dari Badan Musyawarah Antar Gereja (Bamag) Kota Surabaya yang merupakan wadah gereja-gereja di Kota Surabaya. Untuk memberi pencerahan terkait perkembangan dunia hukum akhir-akhir ini, maka sebuah seminar pencerahan hukum akan diadakan pada hari Senin (16/03) mendatang mulai pukul 10.00 WIB.

Seminar yang bertajuk “Kearifan dalam Penegakan Hukum Indonesia” ini akan menghadirkan akademisi Prof. Dr. Peter Mahmud Marzuki selaku guru besar Fakultas Hukum Universitas Airlangga. Dengan kapasitasnya ini, diharapkan para hamba Tuhan dan aktivis gereja di Kota Surabaya mampu memahami secara tepat duduk permasalahan hukum, terutama dunia peradilan yang akhir-akhir ini menimbulkan banyak tanda tanya.

Pdt. M. Sudhi Dharma selaku ketua umum Bamag Surabaya dalam pemaparannya pada Kamis (12/03) menyatakan bahwa seminar ini nantinya akan membahas mengapa dalam dunia peradilan justru tidak lagi diketemukan keadilan. Ditekankan juga bahwa umat Tuhan harus ikut serta mendoakan supaya keadaan negeri ini kembali kondusif dan keadilan proses penegakan hukum tetap dilakukan dengan tidak melupakan aspek kearifan.

Jika ketidakadilan tetap berkuasa, maka seperti yang ditegaskan oleh gembala GBI Diaspora ini, bangsa Indonesia tidak akan pernah terberkati. Sehingga penegakan hukum harus dijalankan dengan konsisten serta tidak tebang pilih seperti yang selama ini terjadi. (SAV)