PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Survei: Mayoritas Republikan ingin AS Jadi Negara Kristen

No Image

Washington – Sebuah jajak pendapat yang dilakukan oleh Public Policy Polling menunjukkan hasil yang cukup mengejutkan dengan besarnya dukungan dari mayoritas orang yang mengidentifikasikan dirinya sebagai Republikan (simpatisan atau anggota Partai Republik) dalam menjadikan Kristen sebagai agama negara AS.

Survei yang dipublikasikan pada 24 Februari 2015 ini merupakan jajak pendapat nasional yang dilakukan untuk mengetahui dukungan terhadap beberapa tokoh Partai Republik yang digadang-gadang akan maju dalam pemilihan presiden AS berikutnya. Beberapa nama yang disurvei diantaranya adalah Jeb Bush, Ben Carson, Chris Christie, dan Mike Huckabee.

Satu poin pertanyaan yang menunjukkan dukungan Republikan terhadap Kristen sebagai agama negara adalah “Apakah anda mendukung penetapan Kekristenan sebagai agama resmi nasional (AS)?”. Pertanyaan ini dijawab “ya” oleh 57 persen responden dengan basis terbesar pada pendukung Mike Huckabee yang merupakan tokoh Kristen kanan yang mencapai 94 persen.

Hasil jajak pendapat ini tentu mendapat perhatian secara nasional mengingat isu-isu dan berbagai sentimen agama selalu menjadi salah satu materi politik utama di AS. Masih kita ingat, dalam ajang pemilihan presiden tahun 2012 Partai Republik mencalonkan Mitt Romney yang kemudian segera diterpa sentimen keagamaan mengingat keberadaannya sebagai anggota gereja Mormon.

Sistem ketatanegaraan yang berdasarkan konstitusi AS juga melarang penetapan suatu agama tertentu menjadi dasar negara yang diatur melalui amandemen pertama tahun 1791. (SAV)

Sumber: New Republic, Washington Post