PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Sepakbola Antar-Iman a la Paus Fransiskus

pope francis

Roma, Pustakalewi.net – Sebuah pertandingan sepakbola digagas oleh Paus Fransiskus, pemimpin tertinggi umat Katolik, dengan menyatukan unsur-unsur antar-iman dengan harapan terciptanya kedamaian. Gagasan ini banyak mendatangkan pujian dan harapan akan munculnya perdamaian.

Dalam pertandingan yang dilaksanakan di Stadion Olimpico di Kota Roma pada senin malam ini (01/09) hadir juga salah satu legenda hidup sepakbola dunia, Maradona. Hadir juga salah satu legenda Italia, Roberto Baggio yang terkenal sebagai penganut Budha.

Pertandingan itu sendiri berakhir dengan kekalahan tim paus enam berbanding tiga. Pergelaran sepakbola ini menjadi spesial karena berusaha untuk mempromosikan perdamaian dunia lewat komunitas antar-iman.

Dalam sambutannya  sebelum pertandingan, Paus Fransiskus mengatakan “Pertandingan malam ini tentunya menjadi suatu kesempatan untuk mengumpulkan dukungan dan sumbangan, tapi yang paling penting kesempatan ini merefleksikan nilai-nilai universal dimana sepakbola dan olahraga seccara umum bisa mempromosikan: loyalitas, kebersamaan, penerimaan, dialog, memperayai yang lain. Ini tentang nilai-nilai yang menyatukan setiap orang dengan tidak memandang ras, budaya dan keperayaan agama.” (Santo)

Sumber: Huffington Post, AP