PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Surabaya Miliki Jalan Pattimura

jalan pattimura
Jalan Pattimura di Surabaya

Surabaya, Pustakalewi.net – Setelah hampir tujuh tahun dalam pembahasan di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Surabaya, akhirnya nama Kapitan Pattimura resmi dipakai sebagai nama jalan di Kota Surabaya setelah pada 3 Juli 2012 disetujui dalam rapat paripurna.

Pattimura, atau yang bernama asli Thomas Matulessy, merupakan pahlawan nasional Indonesia yang berasal dari daerah Saparua, Maluku. Perlawanan bersenjata yang dipimpinya melawan Belanda saat itu menjadikannya salah satu simbol perjuangan Indonesia, khususnya bagi masyarakat Maluku.

Pada Sabtu (13/07) pukul 15.00 WIB, Jalan Pattimura diresmikan oleh Walikota Surabaya Ir. Tri Rismaharini, dimana prosesi peresmian jalan yang sebelumnya bernama Jl Darmo Permai III ini berlangsung meriah dengan dihadiri juga para tokoh dan masyarakat Maluku yang ada di Surabaya dan sekitarnya.

Nampak hadir juga anggota DPRD kota dan pejabat pemerintahan kota yang berasal dari Maluku Seperti Erik Tahalele (Partai Golkar) yang juga menjabat sebagai ketua Komite Perekat Persaudaraan Maluku (KPPM), Simon Lekatompessy (PDS) dan Denny CH Tupamahu (Satpol PP).

Dalam kata sambutannya Tri Rismaharini menyatakan sudah sewajarnya sebagai kota Pahlawan memiliki nama–nama Pahlawan sebagai nama jalan di kota Surabaya. Dia sudah menginstruksikan kepada jajarannya untuk mendata dan menyiapkan agar nama–nama Pahlawan yang masih belum tercantum namanya agar bisa diabadikan sebagai nama jalan yang ada di Surabaya.

Acara peresmian berlangsung meriah dengan ditampilkannya banyak tarian dan nyanyian khas Maluku. Pada kesempatan yang sama Walikota juga berkenan menyerahkan trofi kepada pemenang lomba menyanyi lagu–lagu daerah Maluku yang telah terselenggara pada bulan Mei lalu.

Reporter: Marvin