PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Profil Lembaga Pelayanan: Keluarga Mahasiswa Katolik (KMK) St. Aloysius Gonzaga Universitas Airlangga

Keluarga Mahasiswa Katolik Universitas Airlangga (selanjutnya disebut KMK Unair) merupakan wadah perkumpulan bagi mahasiswa Katolik di lingkungan Universitas Airlangga Surabaya. Yang perlu diingat di sini, keberadaan KMK di setiap kampus merupakan salah satu bentuk himpunan yang didirikan berdasarkan keputusan dari keuskupan di daerah mereka bernaung, dalam hal ini Keuskupan Surabaya.

Untuk organisasi mahasiswa di lingkungan Universitas Airlangga yang mendapat SK resmi dari rektorat adalah Unit Kegiatan Mahasiswa Kerohanian Katolik (UKMKK). UKMKK dibentuk berdasarkan Keputusan BKK tanggal 12 Oktober 1992 No. 675/PT.03.H./1992. Sebelumnya, keberadaan perkumpulan mahasiswa Katolik ini menjadi satu dengan Unit Kegiatan Mahasiswa Kerohanian Kristen (UK3). Pembina UKMKK sekarang adalah Drs. Robby Sondakh, Ms.Apt. Selain pembina ini, keberadaan alumni dan Romo pembimbing membantu memberikan masukan dan sekaligus saran bagi perkembangan KMK.

Tetapi secara de facto, dua organisasi ini, KMK dan UKMKK, merupakan dua organisasi yang sama. UKMKK merupakan nama internal kampus, sedangkan untuk hubungan eksternal, nama KMK yang digunakan. Dan secara tradisi, untuk penyebutan KMK tidak menggunakan nama universitas tempat mereka bernaung, tapi menggunakan nama santo/santa (orang suci). Jika di ITS menggunakan nama Ignatius Loyola, KMK di Universitas Airlangga menggunakan nama Aloysius Gonzaga sebagai santo pelindung.

Selain KMK, di lingkungan Universitas Airlangga juga terdapat Seksi Kerohanian Katolik (SKK) yang berdiri sebagai Badan Semi Otonom (BSO) yang ada di setiap fakultas di lingkungan internal kampus. Secara struktural KMK dan SKK memang terpisah, tapi beberapa kegiatannya, seperti kegiatan Paskah dan Natal diadakan secara bersama.

Ada dua visi yang dibawa oleh KMK Aloysius Gonzaga ini. Yang pertama adalah menjadikan KMK satu keluarga yang saling mengenal dan berbagi berdasarkan cinta kasih. Yang kedua membuat setiap pribadi dalam KMK sadar bahwa dirinya berharga. Dalam artian yang lain, melalui KMK mereka dapat menempatkan dan mengembangkan diri secara maksimal untuk kemuliaan Allah Bapa (Matius 5:16) “Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan banyak orang supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga”.

Seperti unit kegiatan mahasiswa lainnya, UKMKK atau KMK punya serangkaian program tahunan baik yang bersifat internal maupun eksternal. Program rutinnya antara lain Kuliah Agama (masuk divisi HRD), Forum Komunikasi (Forkom) mahasiswa, dan Persekutuan Doa (PD) gabungan. Forkom atau forum komunikasi di atas sekaligus merupakan hubungan eksternal rutin yang diadakan setiap bulan dengan KMK universitas lain di Surabaya. Dan tak lupa program-program untuk kepentingan regenerasi seperti Display UKM saat penerimaan mahasiswa baru, welcome party, dan pembinaan. Untuk program sosialnya mereka mengadakan pelatihan anak jalanan bersama Sekolah Rakyat Merdeka (Seram).

Sebagai media komunikasi kegiatan KMK, buletin bernama “Novus” (young, fresh, new) menjadi sarananya selain milis dan friendster.

Salah satu sisi menarik dari KMK St. Aloysius Gonzaga ini adalah saat pemilihan ketua. Mekanisme yang digunakan adalah melalui pemilihan umum langsung, one man one vote. Untuk itu setiap tahun dibentuklah semacam Komisi Pemilihan Umum (KPU) berdasarkan permintaan ketua lama. KPU ini selain menyiapkan pemilihan juga bertugas menyaring kandidat berdasarkan rekomendasi atau inisiatif pribadi calon ketua. Setelah kampanye yang dilakukan oleh masing-masing kandidat ketua, segera dilakukan pemilihan umum langsung di masing-masing fakultas. Meskipun mekanisme seperti ini memakan banyak waktu, biaya, dan tenaga, tapi budaya demokratis seperti ini patut mendapat apresiasi kita semua.

Pemilihan umum terakhir yang diadakan pada 14-15 Maret 2007 dengan menghasilkan Dewi (Farmasi’04) sebagai ketua KMK 2007-2008 menggantikan ketua yang lama, Arzy Jessica (Psikologi’04). Dewi mengungguli kandidat lainnya, yaitu Nimas (FKM’05) dan Alfred Wirayudha (Hukum’05).

Untuk keterangan lebih lanjut mengenai keberadaan dan kegiatan KMK St. Aloysius Gonzaga ini dapat menghubungi sekretariat KMK di Student Centre Kampus C Universitas Airlangga di Jl. Mulyorejo, Surabaya, Telp. 031-71845949

(Santo & Yosie)