PUSTAKALEWI NEWS

Progresif dalam Pemikiran, Pluralis dalam Pemberitaan

Profil Lembaga Pelayanan: UKM Kerohanian Kristen (UK3) Universitas Airlangga

UKM Kerohanian Kristen Universitas Airlangga (UKMKKr atau yang lebih familiar disebut UK3 Unair) merupakan wadah perhimpunan mahasiswa Kristen di Universitas Airlangga. Lembaga intra kampus ini berdiri pada 2 September 1982 melalui SK Ketua Koordinator Kegiatan Universitas Airlangga Nomor 7558/PT.03/D.02/1982. Pendirian UK3 Unair ini diprakarsai oleh beberapa orang yang digerakkan oleh Tuhan untuk membentuk suatu wadah bagi mahasiswa Kristen di lingkungan Universitas Airlangga.

Bukan hanya tempat bersekutu atau berhimpun saja, tapi juga tempat pelayanan dan kesaksian mereka sesuai dengan visi “memenangkan Universitas Airlangga bagi kemuliaan Tuhan”. Visi ini bisa dijabarkan lagi menjadi: (1) Membentuk Sarjana Kristen yang melayani Tuhan dan mengabdi kepada bangsa dan negara Indonesia melalui profesi masing-masing. (2) Melayani dan membina mahasiswa Universitas Airlangga agar dapat menggunakan masa belajar mereka dengan baik.

Visi tersebut diperoleh melalui pergumulan panjang para pendiri UK3 Unair dalam rangka mengemban amanat agung Kristus di lingkungan Universitas Airlangga. Melalui pergumulan panjang itu pula, para pendiri UK3 Unair memandang bahwa untuk mencapai visi tersebut diperlukan kesehatian dari para anggota yang memiliki latar belakang berbeda-beda. Oleh karena itu dirumuskanlah prinsip interdenominasi dan independensi. Yang dimaksud interdenominasi adalah adalah UK3 Unair tidak memaksakan atau membawa suatu aliran tertentu dan menonjolkan aliran lainnya. Sedangkan independensi bahwa UK3 Unair dalam mengemban amanat agung Kristus memiliki pola dan strategi pengembangan sendiri yang tidak boleh diintervensi oleh pihak manapun di luar UK3 Unair.

Selama ini tempat persekutuan UK3 Unair dilakukan di rumah persekutuan Lahai Roi di Bakti Husada II/7, Surabaya. Dan mulai tahun 2007 depan, rumah persekutuan akan pindah ke Ruko “Apotik Danice”, Jl. Manyar Kertoarjo XIII/21, dekat Samsat Manyar Surabaya. Ruko ini adalah milik salah satu BPH Lahai Roi yang juga alumnus Unair. “Kami mengucap syukur karena banyak alumni yang masih terbeban di pelayanan mahasiswa Unair,” begitulah perkataan dari Febye Novitry Bakurru (Fakultas Kesehatan Masyarakat 2003), Ketua UK3 Unair, menyingkapi hal ini.

Lahai Roi sendiri merupakan sebuah lembaga pelayanan Kristen yang tumbuh dan berkembang bersamaan dengan UK3 Unair ini. Menurut ketua UK3 Unair sekarang, Febye Novitry Bahurru (FKM 2003), hubungan UK3 Unair dan Lahai Roi seperti  hubungan ibu dan anak. Lahai Roi turut membantu dan memfasilitasi tumbuh dan berkembangnya UK3 Unair. Dalam struktur organisasinya, mereka terdapat Pembina (yang sekarang dijabat oleh Drs. Kris Nugroho dosen FISIP) dan Penjaga Visi sebagai tempat bimbingan dan konsultasi dari semua arah kegiatan yang dilakukan oleh organisasi ini.

Misi utama yang diusung oleh UK3 UA dikenal dengan 4P: Penginjilan, Pemuridan, Pelipatgandaan, dan Pengutusan (Matius 28 : 18-20). Dengan menjadikan Roma 15:20 sebagai dasar pelayanannya, UK3 Unair berusaha memfokuskan kegiatannya di lingkungan internal kampus. Ada beberapa program kegiatan rutin yang dilakukan dalam menjalankan misi pelayanan di kampus ini. Pada semester ganjil diadakan KPIMB dan PDMB. KPIMB (Kamp Pembinaan Iman Mahasiswa Baru) merupakan salah satu sarana perekrutan mahasiswa baru di kalangan Universitas Airlangga. Tindak lanjut dari kegiatan ini adalah PDMB (Persekutuan Doa Mahasiswa Baru).

Kegiatan rutin sepanjang tahun yang lain adalah PDJ (Persekutuan Doa Jum’at) dan Persekutuan Doa rutin lainnya yang diadakan di tiap fakultas. Untuk dua perayaan besar hari Kristiani, Paskah dan Natal dilakukan secara berbeda. Paskah diadakan secara terpusat sedangkan Natal diadakan di tiap-tiap fakultas. Ini dimaksudkan sebagai sarana pencakupan sekaligus pelayanan mahasiswa baru di tiap-tiap fakultas. Dalam setiap kegiatannya selalu dilakukan usaha-usaha penginjilan. Pelayanan sosial juga dilakukan sebagai perwujudan kasih Tuhan dengan kegiatan-kegiatan sosial seperti kunjungan ke Panti Asuhan yang dilakukan oleh beberapa fakultas.

Untuk media informasi pelayanan, UK3 Unair seperti yang telah disebutkan tadi memiliki jejaring alumni via milis internet. Media informasi yang lain adalah Profetis yang diterbitkan secara berkala oleh pengurus pusat dan media-media lain yang diterbitkan pula oleh pengurus-pengurus di tiap fakultas. Untuk informasi lebih lanjut mengenai UK3 Unair dapat menghubungi melalui email uk3unair@hotmail.com.

Reporter: Santo & Yosie